Posted by : Unknown Sabtu, 09 November 2013


 


Assalamu’alaikum…
Banyak remaja yang mengeluh tentang pelajaran-pelajaran yang diberikan oleh guru-guru di sekolahnya. Keluhan itu bisa berupa banyaknya tugas-tugas yang diberikan, cara belajar yang membosankan, atau pelajaran yang terlalu rumit bahkan tidak jelas. Sebenarnya apa sih pendidikan itu? Apa manfaatnya? Seberapa pentingkah pendidikan buat masa depan kita? Dan bagaimana pandangan remaja terhadap pendidikan di Indonesia saat ini? Nah, kali ini kita akan membahas tentang semua pertanyaan tadi. Yaudah langsung aja kita bahas.

Berikut ini adalah pengertian-pengertian pendidikan dari sumber wikipedia :
1.     Menurut Ki Hajar Dewantara :
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
 
2.     Menurut UU No. 20 tahun 2003 :
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

3.     Menurut UU Nomor 2 Tahun 1989 :
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

4.     Menurut Langeveld :
Pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.


Sedangkan manfaat pendidikan bisa berupa :
1.     Mendapatkan ilmu yang akan kita butuhkan untuk masa depan
2.   Dengan belajar diluar sekolah bisa menambah wawasan yang lebih luas sehingga pengetahuan kita bertambah
3. Dengan mendapatkan ilmu dan wawasan yang lebih luas kita dapat meraih cita-cita yang kita impikan


Setelah tau pengertian sama manfaatnya, pengen tau juga kan gimana pandangan remaja terhadap pendidikan di Indonesia saat ini??? Nah berikut hasil menanyakan pendapat seadanya tentang pendidikan ke beberapa teman saya di kelas 9 SMPIT UMMUL QURO BOGOR.

“Beberapa sekolah kurang ngajarin akhlak sama agama. Jadi, kebanyakan remaja jaman sekarang dikit yang mikirin pendidikannya, kebanyakan mikirin main game sama pacaran palingan.”-Farih (Alek) 9B, SMPIT Ummul Quro Bogor

“Kurikulum baru kurang bagus.”-Deva 9B, SMPIT Ummul Quro Bogor

“Kurikulum yang baru terlalu berlebihan dalam memberi tugas, terutama pada SMA, jadi siswanya tuh kerjaannya cuma belajar dan belajarnya tuh harus mandiri.”-Ilyasa (Babeh) 9B, SMPIT Ummul Quro Bogor


Ya begitulah tanggapan mereka terhadap pendidikan Indonesia saat ini. Karena saya bingung mau nanya siapa, jadinya saya cuma nanya tiga orang. Dari beberapa sampel di atas mengatakan bahwa kurikulum baru menyusahkan para siswa dan membuat pusing kepala tiap hari. Jadi, saya mengharapkan agar kurikulum pendidikan diperbaiki agar para siswa tidak merasa terbebani. Selain itu, pendidikan agama dan akhlak juga perlu ditingkatkan di sekolah manapun. Tapi bukan berarti kalau pendidikan di Indonesia banyak kekurangan menjadikan kita tidak mau mengikuti pendidikan tersebut. Kita harus berjuang keras dalam menuntut ilmu karena sesungguhnya Rasulullah bersabda tentang keutamaan menuntut ilmu sebagai berikut :

مَْن سَلَكَ طَرِْيقًا َيلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا ِإلىَ اْلجَنَّةِ  
(رواه مسلم)
Barang siapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga (HR Muslim)

Hadits di atas memberi gambaran bahwa dengan ilmulah surga itu akan didapat. Karena dengan ilmu orang dapat beribadah dengan benar kepada Allah Swt dan dengan ilmu pula seorang muslim dapat berbuat kebaikan. Oleh karena itu orang yang menuntut ilmu adalah orang yang sedang menuju surga Allah.

Mencari ilmu itu wajib, tidak mengenal batas tempat, dan juga tidak mengenal batas usia, baik anak-anak maupun orang tua. Kewajiban menuntut ilmu dapat dilaksanakan di sekolah, pesantren, majlis ta’lim, pengajian anak-anak, belajar sendiri, penelitian atau diskusi yang diselenggrakan oleh para remaja mesjid.

Ilmu merupakan cahaya kehidupan bagi umat manusia. Dengan ilmu, kehidupan di dunia terasa lebih indah, yang susah akan terasa mudah, yang kasar akan terasa lebih halus. Dalam menjalankan ibadah kepada Allah, harus dengan ilmu pula. Sebab beribadah tanpa didasarkan ilmu yang benar adalah sisa-sia belaka. Oleh karena itu dengan mengamalkan ilmu di jalan Allah merupakan ladang amal (pahala) dalam kehidupan dan dapat memudahkan seseorang untuk masuk ke dalam surga Allah.

Allah sangat mencintai orang-orang yang berilmu, sehingga orang yang berilmu yang didasarkan atas iman akan diangkat derajatnya oleh Allah, sebagaimana firman-Nya:


يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)

Keutamaan lainnya dari ilmu adalah dapat mencapai kebahagiaan baik di dunia ataupun di akhirat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits nabi :

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ ْالآخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ وَ مَنْ أَرَادَ هُمَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ (رواه الطبراني)
Artinya :
Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, maka ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu (HR. Thabrani)


Dengan itu saya simpulkan ilmu adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan kita. Terutama dalam mencapai cita-cita kita. Dan saya harap para remaja bisa menuntut ilmu dengan sebaik-baiknya. Karena ilmu akan berguna di dunia dan di akhirat.

Buat yang tulisan bahasa arab saya mengutip di :
http://hendricksetyawan.blogspot.com/2013/02/hadits-yang-menjelaskan-keutamaan-orang.html

Sekian dulu postingan saya. Untuk lebih lengkapnya lagi bisa diliat di blog-blog lain yang lebih lengkap. Mohon maaf apabila postingannya kurang nyambung sama judul dan juga banyak kata yang salah ketik. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

The Best Life Guidance

The Best Life Guidance

Light

Light

#KTBFFH

#KTBFFH

Anime Clock

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Ilham's Blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -